3 Destinasi Wisata Menarik di Sungai Liat yang Wajib Dikunjungi

Sungai Liat merupakan satu dari banyaknya daerah yang ada di pulau Bangka, dimana wilayah ini merupakan tujuan wisata para turis domestik maupun mancanegara. Di mata wisatawan, daerah satu ini adalah destinasi yang menyuguhkan keindahan pantai. Tapi jangan salah, tidak hanya pantai saja yang terkenal dari tempat ini. Agar tak semakin penasaran, berikut destinasi wisata di Sungailiat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan.

Rekomendasi Tempat Wisata yang Menarik di Sungailiat Bangka

  1. Pantai Rambak

Salah satu pantai populer di Bangka ini, memang baru terkenal sekitar tahun 2009 semenjak telah dibukanya akses atau jalan menuju pantai. Namun pantai Rambak terletak di sebelah timur kota Sungailiat ini, susah menjadi salah satu wisata populer di Bangka. Jika dari pusat kota, butuh waktu sekitar 10 menit untuk bisa sampai di pantai dengan pemandangan mengagumkan ini. Dengan membayar sekitar Rp. 3000, pengunjung bisa menikmati keindahan pesisir pantai.

Salah satu daya tarik pantai ini ialah belum dibangunnya hotel maupun restoran mewah. Aktivitas wisata belanja pengunjung, akan dilayani oleh para pedagang dan warga setempat di pondok pondok yang sudah ditentukan lokasinya. Untuk Anda yang gemar wisata kuliner, maka bisa berburu kuliner di pantai ini. Mulai dari tekwan, jagung bakar, kelapa muda, sup buah, dan aneka menu lain bisa Anda temukan di pantai Rambak.

  1. Gunung Menungbing Bukit Fathin

Tidak hanya terkenal dengan wisata pantai, di kota ini juga terkenal dengan wisata religi yang berada di atas bukit. Gunung Menungbing Bukit Fathin merupakan tempat berdirinya kelenteng yang dibangun di lereng bukit Betung. Untuk bisa menuju bukit, maka pengunjung bisa menggunakan mobil atau motor. Namun sayangnya tidak ada papan petunjuk, sehingga wisatawan luar kota harus bertanya kepada warga di jalan untuk bisa sampai ke wilayah kelenteng.

Untuk bisa sampai ke kelenteng di atas bukit, maka pengunjung harus menaiki beberapa undakan. Sebenarnya kelenteng ini adalah sebuah makam yang dibangun oleh Lie Kuan Tan, yang mana makam tersebut berdiri dengan megah dengan berbentuk miniatur candi Borobudur dan menghadap ke arah timur. Biasanya pengunjung yang datang ke tempat ini memiliki tujuan untuk berdoa.

  1. Pantai Matras

Pantai ini merupakan salah satu wisata populer yang ada di Sungai Liat Bangka. Di pantai ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang memikat. Hamparan pasir pantai yang luas dengan bebatuan di sekelilingnya, membuat pantai satu ini layaknya mutiara. Adanya pohon kelapa yang tumbuh subur dengan daun daunnya yang melambai tertiup angin, air lautan yang begitu jernih, serta sentuhan sungai alami membuat pantai ini dijuluki secuil surga yang ada di bumi.

Itulah beberapa wisata menarik yang bisa ditemukan di kota Sungailiat, Bangka. Namun, kota satu ini sebenarnya terkenal dengan beragam pantai dengan pemandangan alam yang memesona. Jika berkunjung ke Bangka, jangan sampai tidak mampir ke kota ini. Sebab wisata di tempat ini akan sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Semoga informasi ini bermanfaat.