Tips Sukses dan Contoh Interview Bahasa Inggris

Suatu saat mungkin Anda akan menghadapi wawancara atau interview pekerjaan yang dilakukan dalam bahasa Inggris. Kemungkinan besar akan Anda alami ketika Anda melamar pekerjaan di perusahaan multinasional atau kantor bonafid lainnya. Bagi mereka yang sudah terbiasa menggunakan bahasa internasional tersebut setiap hari seperti di Kampung Inggris, Pare, hal itu bukanlah masalah besar.

Kemampuan berbahasa asing termasuk bahasa inggris akan semakin bagus jika dipergunakan setiap hari. Meskipun menguasai teori bahasa inggris dengan baik tapi jika jarang digunakan sebagai percakapan dalam keseharian maka akan lupa. Praktek langsung memang akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan belajar teori saja. Apalagi dalam hal berbahasa asing termasuk bahasa Inggris.

Begitu juga kalau Anda akan menghadapi interview dengan bahasa Inggris tidak ada salahnya berlatih bicara setiap hari. Berikut ini beberapa tips yang cukup efektif untuk Anda lakukan agar bisa sukses dan lolos wawanacara bahasa Inggris.

Tips Menghadapi Interview Bahasa Inggris

Pakai Baju yang Rapi

Mau wawancara tersebut nantinya disampaikan dalam bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia hal pertama yang harus dipersiapkan adalah cara berpakaian. Pakaian Anda akan mencerminkan bagaimana diri dan karakter Anda sehingga menjadi hal yang sangat penting. Pihak perusahaan akan menilai penampilan Anda sebagai bagian dari tes tersebut.

Pilih dan kenakan pakaian yang rapi dan bersih agar Anda terlihat lebih profesional sehingga kesan pertama akan bagus di mata perusahaan. Sebaiknya hindari memakai baju yang terkesan santai meskipun rapi, tetap pakai baju formal. Tidak peduli apakah perusahaan yang Anda lamar tersebut memiliki suasana yang santai. Buatlah kesan pertama yang terbaik.

Persiapkan Diri Sebaik-baiknya

Setelah mengenakan pakaian yang rapi dan sesuai untuk keperluan interview jangan lupa mempersiapkan diri. Lengkapi penampilan fisik Anda dengan kesiapan secara mental dan psikologis. Maksud persiapan mental di sini adalah melakukan persiapan secara matang dalam berbagai hal seperti pengetahuan dan informasi tentang perusahaan tersebut.

Jangan sampai nantinya ketika sedang dalam sesi wawancara, Anda menjadi gugup karena kurangnya pengetahuan dan informasi. Kalau Anda gugup dalam menjawab pertanyaan maka akan membuat kesan yang tidak bagus. Perasaan cemas dan gugup juga akan membuat Anda menjadi lupa kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris. Akibatnya Anda akan melakukan kesalahan dalam berbahasa.

Jawab Pertanyaan dengan Singkat Namun Jelas

Anda boleh saja memiliki kemampuan yang mumpuni dalam berbahasa Inggris tapi bukan berarti boleh seenaknya. Jangan menjawab pertanyaan dengan panjang dan bertele-tele atau malah keluar dari tema. Menjawab pertanyaan dengan kalimat yang terlalu panjang dan bertele-tele malah akan memperburuk nilai Anda di mata pewawancara.

Sebaiknya jawab saja semua hal yang ditanyakan secara singkat dan jelas agar tidak keluar dari alur pertanyaan. Menjawab pertanyaan secara tepat akan meningkatkan penilaian tentang kemampuan Anda. Ada saatnya nanti Anda bisa menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris dengan bicara panjang lebar. Namun bukan saat sedang menghadapi wawancara kerja.

Bersikap Tenang

Atur napas dan bersikaplah setenang mungkin saat berada di ruangan wawancara dan berhadapan dengan pewawancara dalam hal ini HRD. Sikap tenang akan menambah nilai Anda di mata perusahaan. Sebaliknya jika Anda gugup kemudian ditunjukkan dengan gejala fisik seperti keringat dingin, sering bergerak dan lainnya akan merugikan Anda.

Kegugupan yang Anda tunjukkan bisa diartikan oleh perusahaan sebagai sebuah sikap tidak percaya diri dan tidak mampu menghadapi kondisi dan tekanan tertentu. Padahal di dalam pekerjaan nantinya seringkali Anda harus mengerjakan sesuatu yang cukup menekan diri Anda. Itulah alasan mengapa perusahaan akan lebih memilih orang yang bisa bersikap tenang dan menguasai keadaan.

Kuasai Vocab dalam Bahasa Inggris

Anda akan menghadapi interview atau wawancara dalam bahasa Inggris artinya dibutuhkan kemampuan mendasar dalam bahasa tersebut. Jangan asal bicara tanpa memiliki pengetahuan dasar tentang vocab bahasa Inggris terutama yang berkaitan dengan dunia kerja. Dalam hal berbahasa vocab menjadi pondasi yang penting agar kita bisa menggunakan secara tepat dan benar.

Teruslah belajar tentang beberapa vocab bahasa Inggris yang berkaitan dan biasa ditanyakan saat wawancara kerja. Misalnya info tentang biodata diri Anda, kelebihan dan kekurangan Anda, keahlian dan kemampuan yang dimiliki dan sebagainya. Dengan menguasai beberapa vocab bahasa Inggris tersebut maka Anda akan lebih mudah dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Jangan malu untuk terus berlatih bahkan kalau perlu ajaklah teman atau keluarga bermain role play sebagai pewawancara. Latihan tersebut akan membantu Anda lebih siap dalam menghadapi wawancara yang sebenarnya.