Mengintip Ide Model Rak Penyimpanan Dapur Untuk Rumah Mungil

Keterbatasan lahan dan area menjadi suatu permasalahan yang cukup rumit untuk diselesaikan. Oleh karenanya, banyak sekali solusi untuk mengatasi keterbatasan area yang kian menjadi masalah bagi setiap pemilik rumah. Muncul sebagai salah satu jawaban, kini hadir beberapa desain dan model rak penyimpanan dapur yang dirancang untuk hunian minimalis. Untuk mengetahui lebih dalam, simak ulasan spice rack ideas untuk dapur minimalis berikut.

Ide Rak Mungil Penyimpanan Dapur Yang Hemat Tempat

  1. Rak Gantung Dapur

Ide pertama furnitur penyimpanan dapur ialah rak gantung yang ditata dengan rapi. Sesuai dengan namanya, furnitur tersebut dipasang dengan cara digantungkan pada dinding dapur. Tujuannya ialah agar lebih menghemat tempat dalam ruangan dapur. Dengan demikian, secara otomatis anda akan memiliki tempat untuk menyimpan barang barang dapur secara efisien. Konsep rak gantung ini bisa diletakkan di berbagai sudut sesuai keinginan.

Kelebihan lain menggunakan konsep furnitur gantung ialah dapat menyimpan peralatan makan atau memasak dengan rapi dan tidak mudah terjatuh atau berantakan. Tentunya, peralatan dapur anda akan lebih aman dari jangkauan serangga atau hewan lain yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Anda bisa menggunakan furnitur rak dengan bahan apapun seperti kayu atau aluminium. Sebagai saran, pilih aluminium dengan ketahanan yang tinggi.

  1. Konsep Furnitur Split Level

Guna mengefisiensikan ruangan yang tersedia, anda bisa mengaplikasikan konsep split level dengan memanfaatkan tangga di dekat dapur. Gunakan ruangan sisa di bawah anak tangga sebagai tempat penyimpanan barang barang dapur. Rak bawah anak tangga tersebut bisa didesain dengan tertutup maupun terbuka. Namun, anda bisa mempertimbangkan membuat furnitur penyimpanan dapur yang tertutup agar lebih aman dan tidak terkesan berantakan.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan ruangan di bawah tangga dengan melapisinya menggunakan kayu tipis atau aluminium. Pelapisan tersebut dilakukan agar suhu ruangan penyimpanan tidak lembap, sehingga barang dapur terhindar dari kerusakan. Dengan mengusung konsep model rak penyimpanan dapur loft atau split level, ruang dapur anda akan terlihat lebih luas dan memberikan kesan lebih modern.

  1. Rak Yang Menyatu Dengan Dinding

Salah satu ide rak multifungsi ialah konsep furnitur yang menjadi satu dengan dinding dapur. Ruangan yang dirasa kecil, akan terasa luas tanpa adanya rak atau lemari yang memakan banyak tempat. Jika dapur anda memiliki dominasi desain furnitur berbahan kayu, maka anda bisa menggunakan rak dapur yang melekat dengan dinding. Desain ini memiliki konsep yang sama dengan konsep rak dapur pada umumnya.

Karena fungsinya sebagai tempat penyimpanan barang, rak tersebut sebaiknya dibuat dengan model tertutup. Tujuannya ialah agar barang barang tersebut tetap terjaga dari debu atau hewan. Selain itu, konsep rak menyatu dengan dinding akan menghadirkan suasana ruangan yang lebih luas dan modern. Hal ini dikarenakan, anda tidak perlu menambahkan furnitur lain yang hanya akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

  1. Konsep Penggabungan Rak Dengan Meja

Untuk meminimalisir kesan sempit pada ruangan dapur, anda bisa membuat furnitur penyimpanan dapur berkonsep menyatu dengan meja. Caranya, buat furnitur berbentuk persegi panjang dengan ukuran yang menyesuaikan ruangan dapur anda. Kemudian, beri pembatas atau sekat di tengah yang membagi wilayah atas dan bawah. Di bagian atas furnitur tersebut digunakan sebagai penyimpanan peralatan dapur.

Untuk bagian bawahnya berfungsi sebagai meja dapur. Meja tersebut dapat membantu anda ketika ingin memasak. Guna menjaga keamanan dan keawetan peralatan dapur, anda bisa menambahkan penutup di bagian atas dengan menggunakan kaca. Anda pun bisa memilih bahan material rak, entah itu kayu maupun aluminium. Kedua material untuk model rak penyimpanan dapur tersebut sama sama memiliki kelebihannya tersendiri.

  1. Rak Khusus Untung Appliances

Ide yang selanjutnya untuk menghemat ruang dapur adalah dengan menyimpan peralatan berdasarkan pengelompokan jenisnya dalam satu rak. Hal tersebut akan sangat menguntungkan, pasalnya anda tidak akan kesulitan lagi ketika ingin menggunakan peralatan tersebut. Sering kali, peralatan dapur yang tidak dikelompokkan akan buat kesan berantakan pada ruangan. Setiap kali digunakan, peralatan tersebut akan terpencar di area lain.

Hal tersebut dapat membuat ruangan dapur terlihat sesak dan berantakan. Untuk mengatasinya, anda bisa menggunakan rak khusus yang menyimpang peralatan dapur sesuai dengan jenisnya. Jika anda memilik peralatan dapur dengan jumlah banyak, usahakan untuk menyimpannya di ruangan tertutup. Dengan banyaknya peralatan yang terpampang di area dapur, akan semakin membuat tampilan dapur terlihat lebih sempit dan tidak rapi.

  1. Rak Penyimpanan Dengan Model Terbuka

Sudah bosan dengan tampilan furnitur penyimpanan alat dapur yang begitu begitu saja? Mengapa anda tidak mencoba rak dengan gaya terbuka. Ide furnitur ini lebih mirip dengan lemari yang dibiarkan terbuka di setiap sisinya. Desain ini terbilang sangat menarik dan lebih fleksibel. Hal menarik lainnya adalah, rak tersebut bisa dipindah ke berbagai sisi dapur. Dengan demikian, anda bisa mengkreasikan tampilan dapur agar lebih menarik.

Umumnya, rak jenis terbuka ini dibuat dengan material kayu dengan ketebalan standar. Perlu diingat, furnitur tersebut hanya bisa digunakan untuk menyimpan peralatan dapur ringan seperti mug, teko, cangkir, dan lain lain. Penggunaan bahan material kayu untuk rak terbuka akan menghadirkan kesan elegan dan cenderung klasik. Dikarenakan rak tersebut tak memiliki penutup, anda harus membersihkan peralatan dapur lebih sering.

  1. Rak Penyimpanan Tersembunyi Di Atas Jendela Atau Pintu

Model rak penyimpanan dapur sebenarnya banyak sekali ruang di dapur yang bisa anda jadikan sebagai tempat penyimpanan barang dan peralatan dapur. Salah satunya adalah, rak dengan posisi di atas jendela atau pintu. Namun sebelumnya, pastikan untuk memilih material rak yang berkualitas dengan tingkat kekuatan yang tinggi. Peralatan dapur umumnya memiliki beban yang cukup berat. Sehingga dibutuhkan material rak yang kuat.

Itulah tujuh inspirasi rak untuk menyimpan peralatan dapur secara efisien. Bagi anda yang memiliki ruangan dapur cukup sempit, jangan ragu untuk melakukan inovasi perbaikan ruangan untuk menghadirkan kesan ruangan yang lebih luas. Anda bisa memilih bahan material berupa kayu maupun aluminium. Sebagai saran, anda bisa menggunakan bahan aluminium karena memiliki daya tahan dan tingkat keawetan yang lebih tinggi dari kayu.